Powered By Blogger

Jumat, 08 Juni 2012

Konsep MSP terrhadap Dunia Perikanan


       Sudut Pandang M S P
Di balik dunia perikanan


MENANYAKAN KEPADA DUNIA PERIKANAN ?, M S P BISA MENJAWABNYA!
Oleh   : Ashar Junianto
            Dunia perikanan sangatlah penting untuk kita kaji secara bersama-sama, selain kondisinya yang masih misterius juga penuh tanda tanya yang perlu kita cari jawabannya. Oleh karena itu , Sebelum kita beralih lebih jauh maka perlu diketahui apa definisi perikanan itu sendiri.
            Perikanan merupakan suatu bidang yang berimplementasi pada sumberdaya perikanan laut, kondisi perikananlaut, dan terjadi proses-proses yang meliputi kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan dan non ikan melalui proses pencarian, pengolahan, pembuatan produk baru serta manajemen pemasaran yang bersifat kontinu (Junianto. A, 2012).
            Kegiatan dalam bidang perikanan sangatlah baik untuk dikaji, karena mengandung banyak aspek yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam kinerja keseharian. Namun dewasa ini sering kita melihat terjadi degredasi dalam pemanfaatan sumberdaya perikanantersebut. Hal inilaah yang perlu kita kaji secara bersama-sama.
            Potensi yang terdapat dalam dunia perikanan sangatlah melimpah jadi tak heran berbagai komponen masyarakat tak segan-segan terjun secara langsung untuk memanfaatkan sumberdaya perikananyang ada. Walaupun demikian diperlukan pembatasan kepada segenap manusia terutama yang berbasis dalam bidang perikanan untuk berfikir kritis. Pemanfaatan secara berlebihan dapat menimbulkan efek yang negatif terhadap manusia itu sendiri terlebih lagi untuk masa yang akan datang.
            Hadirnya M S P ditengah-tengah dunia perikanan dapat memberikan kontribusi timbal balik dalam pemecahan permasalah tersebut. Dalam basisnya M S P merupakan suatu bidang yang berorientasi pada aspek manajemen pengolahan dunia perikanan. Secara teoritis memberikan arti penting dalam kehidupan sehari-hari, saat ini sekitar 78 % pemanfaatan sumberdaya yang ada di perikananlulus seleksi dengan kategori “ The Best Of Ilegal Fishing  “. Kategori inilah yang perlu kita hapus dalam dunia perikan, sehingga sumberdaya perikananyang ada dapat tersenyum kembali seperti semula, walaupun tindakan yang dilakukan oleh pihak aspek pengelolaan sumberdaya perikanansaat ini sudah terelisasi namun hasil yang diperoleh belum sesuai keinginan dan cita-cita. Maka dari itu, sebagai palu penentu masa depan M S P akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengatasi hal tersebut dan semoga ini merupakan langkah awal yang dapat menjadi cerminan bagi dunia perikanan yang ada didunia :
Ada beberapa aspek, yang M S P tawarkan kepada pihak pengelolaan sumberdaya Perikanan untuk meminamalisir pemanfaatan sumberdaya perikanan saat ini :
1.      Pengadaan hari serentak sosialisasi perikanan terhadap masyarakat pada basis dunia perikanan.
2.      Pengadaan pelabuhan dan tempat pendaratan ikan di berbagai daerah yang menjadi titik rawan lolosnya pihak-pihak penangkapan sumberdaya perikanan
3.      Penambahan armada dan pos – pos penjagaan di setiap wilayah perairan perikanan yang menjadi titik pemanfaatan sumberdaya perikanan
4.      Serta perlunya pengawasan terhadap kapal-kapal asing di wilayah perbatasan  Indonesia
5.      Pengadaan laporan hasil tangkapan terhadap Nelayan berskala besar minimal satu bulan kepada pihak D K P (Departemen Kelautan Perikanan).
            Itulah bentuk perhatian M S P terhadap dunia perikanan dan kami berharap semoga tawaran ini bisa dijadikan sebagai alternatif dalam aplikasi dalam dunia perikanan ( J H Q).

Password : ……………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar