Powered By Blogger

Sabtu, 16 Juni 2012

CERPEN RINTIHAN



Cerpen ini dibuat berdasarkan fakta kehidupan seorang manusia yang tadinya pahit kini menjadi manis


Kupersembahkan Hasil karyaku Untukmu

Dengan Judul :

Sayur Paria tergantikan dengan Madu asli
Ditulis Oleh seorang mahasiswa perikanan

“Ashar Junianto”

(Sayur Paria tergantikan dengan Madu Asli)

Oleh : Ashar Junianto
Ini merupakan kisahku yang sudah lama aku ingin sampaikan kepada semua orang, baru kali ini aku memilki kesempatan untuk mengungkapkannnya. Oh ya aku lupa Nama lengkapku adalah  Iksan Raya biasa dipanggil Iccang oleh teman-teman maupun kelurga atau orang lain.
A
ku terlahir didunia ini dari pasangan  Yaman Azis dan Harunia ya itulah nama ke dua orang tuaku. Ayahku adalah seorang pekerja keras atau bisa di bilang wiraswasta dan suka minum-minum sedangkan ibuku adalah ibu rumah tangga yang sering kena marah hampir setiap harinya oleh ayahku akan tetapi kini keluarga kami menjadi harmonis. Pada waktu itu usiaku baru puluhan tahun atau aku masih duduk dibangku SD, didalam keluarga aku memilki 4 orang saudara kandung yang kesemuanya masih kecil. Mereka adalah Ashar Junianto, Irma surya Ningsih, dan yang paling bungsu adalah Riski Anita Nur aulia. Awalnya aku memiliki cukup harta kekayaan untuk dinikmati, akan tetapi tuhan berkehendak lain tanpa disangka-sangka harta kekayaan tersebut sirna bagaikan ditelan bumi. Disinilah awal penderitaan hidup keluargaku dimulai. Ketika ayahku sudah insaf berbagai cobaan datang menyerang bagaikan singa melihat mangsanya. Aku juga bingung mengapa ketika kita berada pada jalan yang lurus maka rintangan dan cobaan pun datang mendaftarkan dirinya. “ Apakah itu sudah kehendak tuhan Tanya diriku dalam hati.”
            Diktat…diktat…diktat itulah suara kaki iksan yang sering terdengar ditelinganya. Baginya sekarang suara langkah kaki itu menjadi irama buat dirinya. Dengan ciri-ciri berpostur tinggi, hitam dan kurus itulah diri iksan yang sering lalu lalang berjalan kaki. Hampir puluhan kali Iksan lalu lalang dengan jarak 3 kilometer dari rumahnya, terkadang orang menanyakan Iksan sesuatu begini pertanyaannya “Mengapa engkau Begitu kurus dan hitam ?” terkadang Iksan menjawabnya dengan senyuman yang menjengkelkan, terkadang juga Iksan menjawabnya karena penyakit atau kekurangan makanan, ya pertanyaan tersebut memang menghina bahkan menyakitkan tetapi Iksan juga berfikir itukan fakta buat apa dia harus marah pikir dibenaknya. Akan tetapi lama kelamaan pertanyaan tersebut sirna dengan sendirinya. Ya mungkin orang-orang sudah bosan atau ah…..Iksan malas memikirkannya yang jelas tidak ada lagi pertanyaan tersebut yang aku jumpai  dan sekarang Iksan menjadi senang serta menjadi lebih kepedean berjalan didepan rumah orang.
Tanpa terasa Iksan telah tamat dari SD Negeri 2 Mangolo, dan keinginannya untuk masuk kejenjang pendidikan berikutnya begitu menggebu-gebu bahkan Iksan sudah tidak sabaran lagi ingin mengenakan baju putih hijau di badannya. Akan tetapi fikiran Iksan selalu terganggu dengan kondisi ekonomi keluarganya. Kini Iksan dan keluarganya sudah semakin menderita saja bahkan untuk makan saja mereka sering mengutang kepada orang lain. Dengan semangat yang tinggi Iksan rela banting tulang bekerja demi untuk makan bahkan bersekolah ,Iksan mengerti bahwa orang tuanya tidak akan sanggup untuk membiayai dirinya bahkan untuk makan saja sangat sulit bagi keluarga mereka. Ditambah lagi ayahnya yang sudah sakit-sakitan akibat selalu bekerja keras dan ibunya yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Tanpa sepengetahuan orang tuanya Iksan terkadang pergi menambang pasir atau mengumpulkan kotoran binatang untuk dijual. Ya kedengarannya memang menjijikan akan tetapi itu tak di hiraukan oleh Iksan yang jelas pekerjaannya itu halal. Sepulang bekerja tiba-tiba ada yang menawarkan Iksan untuk memetik cengkeh dikebunnya wah, itu adalah tawaran yang bagus tanpa berfikir panjang lagi Iksan menerima ajakan tersebut lumayan untuk menambah penghasilan sehari-hari sekaligus untuk biaya sekolah. Hari demi hari Iksan lalui pekerjaanku itu dan hasilnya juga memuaskan.
Ketika uangnya cukup untuk bersekolah . Akan tetapi tuhan berkehendak lain lagi, tiba-tiba saja ada orang bertubuh besar datang menghampiri keluarga  mereka  ayahnya mendapat tagihan yang begitu tegas oleh si penagih, kata-katanya pun begitu sakit begini perkataanya “ Sekarang bayar utang kalian, apakah kalian tidak  malu hah, “dengan sergap ayah Iksan pun menjawab “kami minta maaf, kami belum mempunyai uang”. Si penagih tersebut mulai mengeluarkan kata-kata yang kasar “kalau begitu jual saja tubuh istrimu itu, atau biarlah anak perempuanmu itu menjadi jaminannya.” Keluarga kami mulai dihiasi isak tangis , dengan suara lantang Iksan berteriak , “Hai manusia kaya tidak bisakah ucapan mu itu dengan sopan?” dengan terpaksa Iksan memberikan uang tersebut untuk melunasi utang ayahnya, hatinya sangat sakit ketika orang tua Iksan dibentak-bentak bahkan dicemohkan hanya karena utang yang tidak sepadan dengan kata-katanya itu ditambah lagi ibunya yang sudah banyak mengeluarkan air mata. “ tiba – tiba Iksan mengeluarkan kata-kata yang begitu keras untuk kedua kalinya “hai orang kaya tidak bisa kah kamu menagih dengan sopan santun? apakah perkataanmu itu dapat menggantikan utang ayahku tentu tidak, jika hari ini aku melunasi utang ayahku mampukah kamu menarik kembali ucapan hina mu itu dari keluarga kami”. Penagih tersebut diam dan membungkuk, dengan kesal Iksan mengusir penagih tersebut dari rumahnya, hingga akhirnya ia keluar dengan penuh penyesalan.
Air mata Iksan pun berlinang sempat dihapus dengan tangan kirinya lantaran banyaknya air mata yang keluar, ditambah lagi ketika ayah dan ibunya datang memeluknya sambil berkata “Nak maafkan kami”. Disaat kejadian itulah, Iksan tidak lagi memiliki keinginan untuk bersekolah. Dibenaknya sekarang dia harus membantu kedua orang tuanya.
Hari demi hari berjalan begitu cepat, sekarang genap 2 tahun Iksan menganggur, orang tuanya semakin tua dan sering sakit-sakitan akan tetapi beliau tidak menghiraukannya, mereka bekerja apa saja yang penting halal, bahkan mulai dari memikul batang kelapa dengan ukuran 4 meter dengan harga Rp.1500 per batang, menambang pasir sampai menjual kotoran kambing pun sudi mereka lakukan hal itu demi makan setiap harinya. Perkataan dan hinaan orang tak lagi menjadi masalah buat mereka bahkan keluarga dekat ayah atau ibunya sudah menjauh lantaran melihat mereka dalam kemiskinan. Setiap ada acara keluarga mereka pun jarang di undang bahkan keluarga mereka di pandang sebelah mata. Iksan juga bingung apakah orang jaman sekarang senangnya sama orang kaya saja ya..!
Ayahnya sering memberikan sebuah nasehat bahwa “Tuhan itu tidak buta, tuhan dapat memberikan keajaiban hanya dengan sekejap saja” biarkanlah orang ,menghina kita asalkan kita jangan membalasnya, perkataanya itu yang membuat Iksan terus mengingatnya..
Hingga di suatu hari mereka mendapatkan pekerjaan  bangunan oleh seorang guru SMP yang bernama Pak Masri. Ayahnya pun menerima pekerjaan tersebut. Keesokan harinya mereka kesana untuk bekerja. Dengan berjalan kaki dari rumah sejauh 3 kilometer tiba-tiba saja di jembatan yang terbuat dari kayu tua ada sebuah mobil yang hendak memberi mereka tumpangan, “Syukur Alhamdulillah” kata ayahnya Iksan pun juga ikut-ikutan mengucapkannya. Di dalam mobil Iksan tersenyum kecil mengapa? Soalnya baru pertama kali dia menaiki mobil mewah, bahkan fikirannya sampai melayang-melayang” Seandainya aku juga bisa seperti ini pasti orang tuaku pasti bangga denganku” ucap Iksan dalam fikiran,  maklum orang miskin punya cita-cita tinggi, sedangkan ayahnya sedang berbincang-bincang dengan pemilik mobil. Setelah tiba, Iksan tercengang, raut wajahnya yang tadinya selembut sutera berubah menjadi tikar kasar yang tak pernah dicuci. Ayahnya memandangi Iksan dengan perasaan bingung. “Nak ada apa dengan dirimu” Tanya ayahku. “Eh…n n.nn nda papa ayah” jawab dengan perasaan masih tercengang. Oh aku kira kamu kenapa-kenapa, balas ayah Iksan. Disaat itu Iksan tercengang, karena ternyata tempat yang bakal Iksan kerjakan jaraknya sangat dekat dengan SMPN 1 Latambaga yang merupakan sekolah yang Iksan rencanakan akan masuki.
Mereka pun mulai bekerja, tapi dibenak Iksan masih ada perasaan takut bercampur malu, Iksan ketakutan karena jangan sampai ada teman dari SDnya melihatnya. Bahkan ayahnya  memanggilnya berkali-kali Iksan tak mendengarnya, nanti setelah ayahnya memukul kan palu diatas sebuah kaleng baru Iksan mendengarnya, “Ya ada apa ayah” jawab dengan pernyataan sergap, “Nak sebenarnya kamu ini kenapa dari tadi ayah perhatikan sikapmu aneh-aneh saja, apa kamu sakit” . Iksan tidak menjawabnya. Ya sudah tolong ambilkan ayah paku yang berada diatas meja itu”. Iksan terdiam. Sempat juga Iksan perhatikan tetangga rumah tertawa kecil. Mungkin ayah benar tentang sikapku. Aku pun mencoba untuk fokus bekerja. Ucap Iksan dalam hati.
Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 12.30 dan bel pulangpun dibunyikan. Sempat Iksan bersembunyi dibalik batu bata yang belum diplaster, memperhatikan siswa SMP yang keluar berhamburan di gerbang pintu sekolah, dikala itu juga Iksan memperhatikan teman-teman SDnya. Iccang..Iccang sahut ayahnya, Ya pak ….Iksan pun menghampiri ayahnya…. Setelah beberapa menit bersama bapak ,ketika Iksan membalikkan badannya ia pun tercengang kembali sesosok tubuh berdiri tegap didepan pintu rumah, orang tersebut tak lain adalah teman SDnya sendiri. Sempat Iksan berfikir dari mana dia melihatku, dia bagaikan hantu yang muncul tiba-tiba di siang bolong. Ya dia Hasna yang merupakan satu ruangannya di bangku SD. Kebingungan menjadi bertambah pada diri Iksan. Ketika dia mulai melemparkan pertanyaan, Iksan kamu sedang apa disini, Iksan mencoba menjawabnya dengan perasaan rileks, hm.. aku sedang bekerja dengan ayahku, kamu baru pulang ya hasna?” hasna menjawab oh, ya aku barusan pulang, sebenarnya tadi nyaris aku hendak pulang akan tetapi setelah aku memperhatikan rumah ini terlihat kamu, jadi aku mampir buat pastikan apakah benar itu adalah kamu atau tidak
Oh……..begitu jawab ucap Iksan sambil menggoyangkan kepala, tiba- tiba dia bertanya lagi ngomong-ngomong kenapa kamu tidak bersekolah ? Sebenarnya…sambil melirik ke bapak Iksan…oh sebenarnya karena ekonomi keluargaku yang lemah sehingga aku tidak dapat bersekolah…”sambung hasna sayang sekali padahal kamu anak yang pintar…oh ya Iksan kalau begitu aku pamit pulang dulu..soalnya aku nanti dicari ibu..Kata Hasna. Oh ya silakan jawab Iksan.
Setelah Hasna dan siswa-siswa lain sudah pulang tinggal Iksan dan ayahnya yang tersisa. Kini ayah Iksan turun dari atap rumah untuk beristirahat. Mereka pun membuka bekal dari rumah yang dimasakin ibu.. walaupun makanan mereka adalah nasi dan indomie, akan tetapi mereka tetap senang dan bersyukur.”.pak  makan disini ternyata enak juga ya” jawab Iksan sambil mengunyah makanan. Dalam hidup ini ada 4 tempat makan yang paling mengasikkan menurut Iksan yang pertama makan di laut, kedua makan dihutan atau dikebun dan yang terakhir adalah makan di tempat bekerja.
Setelah makan Iksan sedikit berbincang-bincang dengan ayahnya. Kemudian ayahnya bertanya yang tadi itu temanmu yah..”betul pak” sahut Iksan. Kamu nda malu ya nak, teman-teman kamu bersekolah kamu tidak “kata bapak sambil mengeluarkan air mata kecil di pipinya. Kenapa harus malu pak, inikan bukan kehendak saya,ya walaupun keinginan saya begitu besar untuk masuk kesekolah, tapi saya lebih bahagia membantu bapak. Dengan tersenyum bapak memegang kepala Iksan, dan berkata” Nak, pesan bapak sebelum meninggal jangan pernah kamu malu dengan pekerjaan yang kamu lakukan selama pekerjaan itu halal, dan tuhan itu tidak buta, tuhan maha bijaksana bagi hambanya, ingat itu” ya pak sahut Iksan. Baiklah ayo kita kembali bekerja. Kini Iksan lebih bersemangat mungkin kata-kata Ayahnya tadi yang buat Iksan bersemangat.
Sekarang menunjukkan waktu shalat, mereka pun hendak mengambil perlengkapan shalat di dalam tas warna hitam yang robek , walaupun begitu itu merupakan tas kesayangan Ayah Iksan . Mereka pun melakukan shalat berjamaah bersama. Usai shalat mereka mulai menyiapkan perkakas untuk pulang kerumah.
Setiba dirumah, Iksan pun langsung mencuci kaki dan melompat ke tempat tidur, Iksan melakukan hal tersebut karena ke capean.. Sebelum tertidur Iksan sempat berangan-angan. Enaknya jika aku bersekolah, memakai baju seragam, jalan bersama teman-teman, bahkan bercanda bersama-sama pula, ya Allah tolong berikan mukjisat pada diri hamba ini, selepas itu Iksan pun tertidur.
Selang beberapa jam Iksan tertidur, Iksan merasa rambutnya seperti ditarik-tarik, Iksan pun langsung bangun ternyata itu adik kecilnya yang manis hendak membangunkannya. Iksan pun tersenyum sambil menggendongnya, membawanya menghampiri ibunya. Bu aku pergi mandi dulu. Ibunya hanya memberikannya bahasa isyarat yang menyatakan iya. “wow dingin sekali air ini mungkin karena aku jarang mandi sehingga menyentuh air pun aku merasa kedinginan. Selepas mandi IKsan bersiap-siap kemasjid untuk melakukan shalat magrib. Oh ya aku lupa menyampaikan bahwa Iksan adalah juru adzan dikampungnya . Iksan ditunjuk oleh pak iman waktu itu , sebenarnya masih ada teman Iksan yang suka adzan juga, dia bernama ismail. Setiap magrib mereka biasa berlomba untuk adzan, kebetulan rumah mereka berdampingan. Bagi mereka berdua siapa yang duluan dia yang dapat… konyol juga bahasa mereka itu. Tapi itu tidak membuat mereka untuk bertengkar.
Keesokan harinya usai kerja bersama ayahnya, pada waktu itu mereka pulang cepat, bapak hendak ketempat lain karena suatu hal. Tinggal ibu dan Iksan yang ada dirumah adik-adiknya yang lain pergi bersekolah, sedangkan adiknya yang paling bungsu sedang dirumah tetangga. Tiba-tiba datang seorang laki-laki berpakaian dinas, berkulit putih dan agak tinggi menghampiri rumah mereka. Mereka pun agak was-was jangan sampai terjadi apa-apa pada adik ku. Setelah didepan pintu terdengar ucapan Assalamu Alaikum” oleh bapak itu . walaikum salam sahut ibu IKsan dari horden berwarna hijau. Ada apa pak,” sahut ibunya. Perkataan orang tersebut mulai terdengar, begini bu saya ini merupakan salah satu guru dari SMPN 1 Latambaga yang datang ingin membantu ibu. Kalau boleh tahu bantuan apa pak” sahut ibuku. Begini bu kebetulan sekolah kami mendapatkan program beasiswa RETRIVAL, dalam beasiswa ini kami mencari anak-anak yang memiliki kepintaran dalam bidang akademik. Saya dengar-dengar informasi dari orang-orang bahwa ibu memiliki anak yang bisa dalam akademik tersebut. Oh begitu ya pak, kalau begitu tunggu sebentar saya akan panggilkan anak saya.
Setelah beberapa saat terdengar suara ibu dari dalam rumah  Iccang…Iccang keluar dulu nak!. Mendengar teriakan ibu saya langsung masuk kedalam rumah, padahal saya lagi asyik membuatkan anak-anak mobi-mobilan dibelakang rumah. “ya bu ada apa?. Duduk dulu sebentar kata ibu. Pak silakan jelaskan pada anak saya tentang keperluan bapak datang kesini. Terima kasih bu, begini nak saya datang kesini untuk menawarkan sesuatu yang penting bagi kamu, sebelum saya menyampaikan hal tersebut terlebih dahulu saya ingin bertanya apakah kamu masih memiliki keinginan untuk bersekolah?. Mendengar perkataan guru tersebut, hati Iksan sangat berdebar-debar bagaikan genderang mau perang seperti lagu yang diciptakan Ahmad Dhani. Dalam hatinya terasa bingung penuh pertanyaan membingungkan. Tiba-tiba IKsan terkejut, “kenapa nak” sahut ibunya. Ehm..ehm jadi begini pak sebenarnya dari dulu saya ingin sekali bersekolah tapi untuk sekarang saya tidak lagi memiliki kemauan, soalnya aku malu, aku sudah 2 tahun menganggur. Guru itu tertawa terbahak-bahak…. Sedangkan Iksan dan ibunya menatap penuh kebingungan kepada guru itu. Ibunya terdiam sejenak dan langsung masuk kedalam dapur untuk membuat minuman .
Oh.. jadi itu masalahnya sekarang kamu tidak mau lagi bersekolah. Aduh..aduh…ha..ha baik, jadi, begini nak jangan jadikan sesuatu itu sebagai hambatan tapi jadikan sesuatu itu sebagai cobaan yang membagun. Mendengar ungkapan guru itu Iksan jadi bingung raut wajahnya terasa kusam. Tapi guru tersebut melihat Iksan dengan senyuman yang mengandung makna mendalam. Guru itu mulai lagi berpidato, nak aku tahu kamu telah 2 tahun menganggur tapi, cobalah untuk berfikir kedepan, coba bayangkan kondisi kamu sekarang, berfikirlah bahwa kamu akan membahagiakan kedua orang tuamu. Mendengar ungkapan tersebut, Iksan langsung terhipnotis dan timbul pemikiran yang menganggap benar perkataan guru itu.
Iksan terdiam sejenak, mulutnya akhirnya mulai berbicara. “Bu bagaimana ini apakah aku harus bersekolah bag….ai….belum sampai bicara IKsan terdengar suara permintaan salam, “Assalamu alaikum” kami pun menjawabnya “walaikum salam”. Ternyata itu adalah ayah iksan yang baru saja pulang dari urusan. Iksan pun langsung mengambil kursi dari dalam kamar untuk Ayahnya
Guru itu mulai berbicara lagi, dia mengatakan hal yang sama kepada Ayahnya mengenai bersekolah. Ayahnya hanya mengangguk-angguk, mendengarnya. “Pak setujukah, jika aku bersekolah lagi?”sahut Iksan. Sebenarnya dalam hati bapak dia tidak menyetujui kalau Iksan bersekolah tapi, untuk menghormati guru tersebut, beliau mengatakan boleh. “Kalau begitu esok kamu harus kesekolah”, sahut guru itu. Hah, Iksan terkejut mendengarnya, guru itu akhirnya berpamitan dan keluar dari rumah mengendari motor JRD yang biasa dibilang orang-orang motor Jagonya Rusak Duluan. Hm ada-ada saja.
Malam harinya Iksan bertambah panik. Iksan mondar-mandir diruang tamu sambil berfikir sesuatu. Bapaknya hanya memperhatikan dengan raut yang agak bingung. Beliau pun mengampiri iksan. “Sebenarnya ada apa nak, dari tadi ayah perhatikan kamu mondar-mandir terus seperti angkot saja”. Iksan pun menjawab, “pak aku sekarang lagi bingung dimana aku harus mendapatkan seragam sekolah untuk esok”, oh itu, kenapa tidak bilang dari tadi, kamu mau bapak ngasih solusinya, mau…mau “jawab iksan dengan sergap. Oke, begini karena untuk membeli seragam kita pasti kesulitan, maka dari itu coba kamu nak meminjam punya temanmu barangkali di antara teman-teman mu itu ada yang memiliki seragam berlebih….oh ya benar juga ya pak, kenapa aku tidak terfikiraan dari tadi…. Baiklah pak,, aku pamit dulu assalamu alaikum,,,walaikum salam jawab ayah iksan….sambil menggeleng-gelengkan kepalanya anak itu semangat sekali….
Dirumah temannya, ….terdengar suara iksan melantungkan salam…assalamu alaikum akbar,,,akbar,,,??? ya terdengar suara akbar dari dalam….walaikum salam…..sambil membuka pintu…eh iksan ada apa malam-malam gini….begini bar…seragam sekolah kamu ada nggak yang berlebih,,,, tolong pinjamin….hm kamu mau apain…”sahut Akbar” panjang ceritanya, yang jelas tolong pinjamin dulu….oh ya ada tapi hanya bajunya yang ada ….gimana yah…kalau begitu biar saja….”kata iksan”. Oke kalau begitu ini,,,terima kasih akbar…aku pergi dulu… setelah iksan pergi. Akbar sempat bingung, dan berkata..ada apa dengan itu? Aneh baget,,tapi sudahlah…diperjalanan iksan sempat terfikir dimana ya aku harus meminjam sebagian lagi….ribet banget yah….tapi dengan semangat iksan percaya diri dan akhirnya mendapatkan ide cemerlang…aku tahu harus mau kemana”kata iksan”. Iksan pun melaju kerumah temannya yang lain yang bernama asrul… disitulah iksan mendapatkan seluruh seragam yang diinginkan.
Keesokan harinya pagi-pagi sekali iksan sudah mandi dan cepat-cepat ingin kesekolah..maklum baru pertama kali masuk sekolah….bahkan sarapan pagi pun sudah tidak dihiraukannya,,, bu pak iksan pamit dulu assalamu alaikum… walaikum salam sahut kedua orang tuanya. Anak itu semangat sekali ya bu… iya betul itu pak.
Setibanya disekolah iksan mulai gugup…karena melihat banyak siswa yang mondar-mondir….kebetulan pada hari itu adalah hari senin…. Pintu pagar pun hamper terkunci…tiba-tiba iksan diteriaki oleh penjaga sekolah cepat-cepat upacara akan segera berlangsung..iksan pun merasa senang karena seakan-akan ia sudah menjadi siswa seutuhnya…sesampainya dibarisan ia mulai bingung…iksan bingung mau berbaris dimana sedangkan teman-temanya yang lain…memiliki atribut masing-masing kelas. Ia pun terdiam sejenak…tiba-tiba ada suara panggilan seorang teman yag tidak dikenalnya dan bertanya…kamu kelas satu bagian apa…ia hanya terdiam karena belum tahu kelas bagian-bagian…hm..akhirnya ia pun berucap begini sebenarnya aku baru masuk jadi saya belum tahu kelas saya. Oh kalau begitu kaum berbaris saja dikelas ini okey..kata “Temanya” oh ya baik terima kasih “kata iksan” sama-sama kata temannya. Tinggal beberapa menit lagi upacara dimulai…terdengar suara sumbang dari arah jauh yang letaknya disamping kanan iksan….iksan..iksan. ia pun menoleh dan tercengang…ternyata yang memanggilnya adalah teman sewaktu SD nya 2 tahun silam ia pun mulai merasa malu dan tidak percaya diri karena diperhatikan oleh siswa-siswa lain dari kelas 3..iksan hanya tersenyum tidak tulus kepada temannya…iksan pu seakan-akan mengindari temannya karena dia merasa malu.
Akhirnya setelah upacara selesai iksan berbicara lagi dengan teman yang baru dikenalnya. Akhirnya mereka pun berkenalan bahkan iksan sempat diantar keruang guru untuk menghadap kepada guru yang menyuruhnya bersekolah tempo hari. Setelah diantar basroin atau temannya tadi itu meminta pamit kepada iksan. Setelah terjadi percakapan dengan gurunya iksan ditempatkan diruangan 1 A. ketika memasuki kelas ia merasa asing karena tak satupun dari siswa diruangan itu dikenalnya. Pelajaran pun dimulai kebetulan pada hari itu pelajaran pertama adalah bahasa inggris. Iksan pun merasa gemetaran, hal ini bias kita lihat pada pena iksan yag gemetar.. tidak tahu itu kenapa. Padahal dia merasa takut soalnya pelajaran bahasa inggris itu adalah pertama kali buatnya.
Setelah beberapa menit guru pun mempersilahkan kepada siswa-siswanya untuk memperkenalkan diri dalam teks bahasa inggris…moment inilah yang membuat iksan tambah takut, akan tetapi setelah ia mendengar ungkapan perkenalan temannya dalam bahasa inggris ia sempat terfikir dan menghayal kapan ya aku bias seperti dia,
Bel istirahat pun dibunyikan,, iksan merasa bingung ia mau kemana, akhirnya ia pun memutuskan untuk tinggal didalam ruangan sambil mencoret-coret bukunya dengan gambar kartun yang merupakan idolanya. Beberapa saat kemudian tiba-tiba datang seorang gadis bernama fitri yang mengajak iksan untuk berkenalan. “boleh kenalan? Kata gadis itu. Dengan wajah yang malu-malu dan mulai merah iksan pun menjawab dengan nada yang pelan boooleh…
Akhirnya iksan memiliki teman baru di sekolahnya, sejalan dengan waktu iksan pun mulai merasa bahwa dia benar-benar telah sekolah. Bahkan dia telah akrab dengan banyak teman. Lanjut kisah iksan pun mulai dikenal banyak siswa mulai dari siswa kelas 1 sampai 3. Hal ini terjadi karena iksan memiliki kepandaian dalam bidang akademik.
Singkat cerita iksan pun kini menduduki kelas 3 dan dia memiliki jabatan sebagai ketua kelas. Popularitas iksan semakin memuncak sejak saat itu,  walau begitu iksan tetap tidak sombong malahan dia tetap pada karakternya yang pendiam dan lugu. Bahkan dia merasa bahwa yang dia dapatkan selama ini dari cobaan yang dihadapinya memiliki hikmah yang begitu besar. Dan tuhan telah memberikan faktanya.
Setelah menjalani bangku sekolah beberapa tahun silam, akhirnya yang dinanti-nantikan telah tiba, yakni pengumuman pelulusan untuk kelas 3. Disinilah puncak ketegangan iksan mulai muncul was-was yang tinggi datang menyelimuti iksan waktu itu. Akan tetapi Allah telah memberikan iksan kemukjisatan yang luas biasa dalam pelulusan itu hanya 13 orang saja yang dikategorikan lulus. Salah satunya adalah iksan. Air mata berlinang membasahi lantai yang terbuat dari tehel. Akan tetapi banyak juga teman-teman yang merasa gagal dan merasa kecewa pada dirinya sendiri.
Akan tetapi satu kendala yang bakal dihadapi oleh iksan yakni masuk kejenjang selanjutnya, yakni masuk ke SMA. Namun menurut iksan itu bukanlah suatu kendala katanya. “Dia bahkan mengatakan lebih baik saya jangan sekolah kebanding memasak kedua orang tua. “. Akan tetapi Allah berkehendak lain. Tiba-tiba saja datang seorang laki-laki dari keluarga nya menawarkan kepada iksan untuk bersekolah bahkan bakal membiayainya hingga keperguruan tinggi, dengan satu syarat iksan harus tinggal dirumah pamanya itu. Namun apa yang terjadi iksan menolak, dia memiliki gagasan tersendiri kenapa dia menolak tawaran itu. Setelah di Tanya akhirnya dia mengungkapkan isi hatinya, “saya tidak akan meninggalkan  keluargaku ini, karena hanya saya yang bisa membantu mereka”. Mendengar ungkapan iksan kedua orang tuanya meneteskan air mata begitupun pamannya itu. Dan akhirnya penawaran pamannya tidak terlaksana dengan semestinya.
            Waktu terus berjalan dan akhirnya, terjadi sesuatu yang tidak terfikirkan sebelumnya. Apa itu?. Iksan akhirnya masuk kejenjang SMA. Namun untuk masuk kesana tidaklah gampang .iksan harus dipimpong kesana-kemari untuk meminjam uang kepada keluarganya bahkan ada beberapa sumbangan yang masuk dari keluarga lain. Walau begitu iksan tetap tidak malu dengan basic masuknya ke SMA. Malahan dia tetap bersyukur dan berjanji akan mambantu orang-orang yang telah membantunya.
            Setelah menginjakan kakinya ke jenjang pendidikan atas. Dia merasa mimpi dengan itu, mengapa ? karena tidak terfikir sebelumnya akan hal itu. Akan tetapi iksan tetap percaya diri dan berjanji akan betul-betul bersekolah  demi untuk membahagiakan kedua orang tuanya. Seiring berjalannya waktu adapatasi dengan tema-teman semakin baik, bahkan iiksan sempat berkenalan ddengan guru yang merupakan wali kelasnya. Guru itu sangat baik pada iksan, guru itu bernama syahria nur. Setiap pembayaran SPP guru itu yang sering membantunya, bahkan teman-teman iksan mulai cemburu namun hal itu iksan sudah ketahui, akan tetapi tidak ada niat-niat jelek antara guru dan siswanya. Guru itu pernah datang kerumah iksan sewaktu iksan sakit dan sempat memperhatikan kondisi rumah serta keluarga iksan. Disitulah bu syahria memiliki simpati kepad iksan. Bahkan iksan mulai berfikir bahw suda merasa tidak enak dibantu secara terus-menerus.
            Suatu hari iksan datang kerumah bu syahria untuk mengatakan bahwa iksan  sudah tidak enak dibantu lagi. Karena menganggap dirinya telah merepotkan bu syahria, namun balasan yang dihanturkan kepada iksan bahwa dia aka tetap membantunya. Disinilah iksan mencurahkan airmatanya dan merasa terpukul selama ini. Bahkan setelah kejadian itu dia bertekad untuk tidak mengecewakan guru tersebut.
            Singkat cerita ,Seiring berjalannya waktu iksan pun sudah menduduki kelas 3 dan tidak lama lagi akan menghadapi ujian Nasional. Detik-detik itulah iksan mengeluarkan semua energinya untuk belajar dan focus menghadapi ujian. Hal ini dilakukan selain untuk tidak mengecewakan kedua orang tuanya dan orang-orang yang telah membantunya. Tanpa terasa hari ujian pun dimulai setelah mengikuti masa ujian selama beberapa hari akhirnya ujian pun berakhir. Tinggal menunggu pengumuman yang sebentar lagi akan diterbitkan.
            Malam itu iksan sedang duduk bersama keluarganya, tiba-tiba pesan lewat ponsel masuk “isinya sebagai berikut : maaf ya teman-teman masih ada tahun depan”. Pesan singkat itu yang membuat iksan merasa terpukul dan was-was. Bahkan dia menyampaikan kepada ayahnya bahwa maaf pak aku tidak lulus, teman saya memberikan saya infornasi seperti itu mendengar perkataan iksan ayah iksan malahan mengatakan bahwa kita lihat saja besok, kebetulan esok adalah hari pengumuman ujian.
Mendengar perkataan ayahnya iksan merasa sudah baikan. Dan akhirnya tiba hari esok. shubuh-shubuh sekali iksan sudah bangun untuk berdoa meminta bantuan kepada Allah . setalah mandi iksan berpamitan dengan kedua orangtuanya dan meminta doa kepada orang tuanya . tiba disekolah iksan tidak banyak bicara dia seakan-akan ditutup mulutnya oleh kain. Belum sampai  dikelasnya iksan pun ditegur oleh temannya katanya iksan dipanggil keruang guru. Perasaan iksan mulai tidak enak, setelah bertemu guru yang memanggilnya iksan bertambah gugup dan merasa takut dengan hasil ujiannya. Guru itu mengatakan bahwa “ kenapa nilai-nilai ujianmu begitu rendah?”. Iksan tidak menjawab pertanyaan guru itu karena gugup. Bahkan iksan sempat mengambil kesimpulan 100 % bahwa dia tidak lulus. Setalah rapat pertemuan dengan gurunya itu hasil  pengumuman pun tiba, semua anak kelas 3 berbaris didepan kantor . kebetulan pada waktu itu yang umumkan adalah seorang polisi iksan  juga tidak tahu kenapa harus polisi yang mengumumkannya. Polisi itu mulai berbicara dan mangatakan sebenarnya lulus semua namun karena peraturan baru terpaksa banyak yang harus tidak lulus. Siswa pun histeris terutama dari kaum hawa. Untungnya saja pengumumannya dalam bentuk amplop sehingga siswa tidak harus mendengarnya namun melihat dan membacanya sendiri. Tiba giliran iksan untuk mengambil amplop lama iksan membuka amplop tersebut. Bahkan dia sempat berfikir sejenak seandainya dia tidak lulus apa yang harus iksan lakukan. Masih berangan-angan tiba-tiba ilham yang merupakan temanya mengambil amplop iksan secara tib-tiba dan membuka. Apa yang terjadi dia mengatakan bahwa iksan lulus begitupun dengan ilham dia juga lulus akhirnya mereka berpelukan dalan kondisi yang haru. Namun dalam kondisi haru tersebut teman-teman iksan yang merupakan sahabat karibnya kebanyakan yang tidak lulus.
Namun begitu iksan tetap merasa sedih  selain untuk temannya iksan juga sudah mengetahui bahwa dia tidak akan menginjakan kakinya keperguruan tinggi karena biaya yang sangat mahal. Namun Allah memberikan yang terbaik pada iksan. Mukjisat yang diberikan adalah iksan mendapatkan kesempatan masuk keperguruan tinggi malalui jalur BIDIK MISI. Syukur Alhamdulillah kata iksan….. (J H Q).



Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar