Powered By Blogger

Sabtu, 16 Juni 2012

ISLAM DAN LINGKUNGAN


ISLAM DAN LINGKUNGAN
            Pernahkah kalian berfikir bahwa ternyata islam dan lingkungan itu sangat erat kaitannya. Hal ini dibuktikan pada surah al-baqarah QS : 11-12. Yang artinya “ Dan apabila dikatakan kepada mereka, janganlah berbuat kerusakan di bumi. Mereka menjawab , sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan. Dan ingatlah sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadarinya”.
            Surah ini memberikan pernyataan kepada kita bahwa kita dilarang untuk melakukan suatu penyimpangan perusakan dengan cara apapun terhadap  lingkungan. Namun dewasa ini, berbagai kegiatan perusakan lingkungan marak terjadi di depan mata kita. Lantas apa yang harus kita lakukan? Apakah kita hanya terdiam atau merenung menyaksikan hal tersebut. Tentu tidak sebagai tonggak keberhasilan,  hal yang wajib kita lakukan adalah menghentikan hal tersebut.
            Terkadang orang berfikir bahwa perusakan itu dianjurkan apabila tujuannya untuk  kebaikan, siapa sangka jika hal tersebut berlandaskan fikiran positif jangan sampai hanya untuk mendapatkan keuntungan secara pribadi. Sebenarnya untuk menjawab ini dibutuhkan asas yang kuat dalam menanggapinya.
            Beberapa contoh logis tindak penyimpangan yang dilakukan oleh orang-orang terhadap lingkungan yakni : pencemaran lingkungan yang dapat mempengaruhi kualitas perairan, bahkan menyebabkan degredasi biota yang ada menjadi punah. Siapa yang melakukan hal tersebut, pasti manusia itu sendiri, sebagian manusia hanya memiliki pola pikir yang sangat rendah. Mereka tidak berfikir dampak kedepannya seperti apa.
v  Dalam Aspek Perikanan :
            Tindakan illegal fishing maupun over fishing sering terjadi. Berbagai metode aktraktif telah dilakukan untuk mendapatkan penangkapan secara berlebih seperti pengeboman ikan secara besar-besaran. Hal ini dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan serta keuntungan secara individu. Padahal hal tersebut tidak dianjurkan dalam mekanisme apapun.
v  Dalam Aspek Kehutanan
            Penebangan pohon di hutan untuk dijadikan berbagai keperluan misalnya untuk bangunan, industri dan lain sebagainya. Secara sekilas memang memberikan sumbangsih yang cukup besar terhadap kehidupan manusia, namun di sisi lain justru ini yang menimbulkan dampak negative yang besar terhadap manusia itu sendiri. Misalnya terjadi banjir bandang, angin topan, tanah longsor dan masih banyak lagi. Lantas bagaimana peran pemerintah dalam mengsingkronisasikan antara kebutuhan manusia dengan lingkungan sebagai penopang peradaban manusia?
             Penjelesan diatas merupakan hanya sebagian contoh yang diketemukan dalam kehidupan sehari.-sehari sebenarnya masih banyak lagi kegiatan penyimpangan yang dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan dan hal ini sangat keluar dari kodrat hukum dunia maupun hukum agama. selamat membaca semoga bermanfaat dalam kehidupa kita amin................... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar