Powered By Blogger

Sabtu, 30 Juni 2012

LINGKUNGAN PESISIR


MEMBEDAH LINGKUNGAN PESISIR
            LingkunganA merupakan suatu tatanan yang terbentuk secara alami dengan kondisi tertentu yang bersifat objektif dan dapat berubah berdasarkan faktor-faktor tertentu. Misalnya : terjadinya gempa bumi, pergeseran kerak bumi dan akibat yang dilakukan campur tangan manusia baik yang bersifat positif maupun negatif. Sedangkan pesisirB merupakan daerah peralihan antara darat  dan lautan yang saling terkait satu sama lain.
            Di lingkungan pesisir tidak hanya di hidupi oleh mahluk hidup yang bersifat biotic C namun kehadiran abiotikD juga sangat mempengaruhinya. Beberapa di antaranya di temukan sebagai bebatuan, sampah-sampah an organik, substratE berpasir, berlumpur maupun kadang-kadang berbatu. Hal ini merupakan suatu tatanan ekosistem yang bersifat kontinyu. Artinya bahwa parameter-parameter tersebut saling terkait satu sama lain dan saling mengikat. Interaksi di dalamnya merupakan salah satu bentuk ekosistem yang hidup karena terjadi siklus kehidupan yang cukup kompleks. Terjadinya kerusakan dari salah satu parameter tersebut akan mengakibatkan keterpengaruhan pada parameter yang lain. Dalam hal ini diperlukan manajemen pengelolaan yang berkelanjutan sehingga degredasiF terhadap lingkungan dapat di minimalisirG
            Selain itu di daerah pesisir juga di dominasi oleh masyarakat nelayan yang sangat menggantungkan kehidupannya di daerah pesisir. Kehidupan masyarakat di daerah pesisir sangatlah sederhana, hal ini dapat dilihat dari aspek kehidupan mereka. Secara faktalitas ada beberapa karakteristik masyarakat pesisir :
a)      Perumahan
            Rumah-rumah yang terdapat di daerah pesisir sangatlah tidak teratur dan masih mengandalkan atau menggunakan perkakas bangunan yang relatif masih sederhana pula. Rumah mereka biasanya masih terbuat dari atap daun rumbia berdinding papan bahkan masih ada yang menggunakan dinding gaba-gaba yang berasal dari ranting pohon sagu, lantainya masih beralaskan tanah walaupun sudah ada yang menggunakan semen dan papan (untuk rumah yang bertiang panjang).


b)     Mata Pencaharian
            Sangat bergantung pada laut dimana hampir setiap hari para nelayan turun melaut bersama-sama anaknya. Namun dewasa ini di beberapa daerah khususnya di wilayah pesisir. masyarakatnya ada yang sudah berpropesi sebagai pegawai maupun menjadi buruh bangunan.
c)      Sistem Pendidikan
            Dalam bidang pendidikan tergolong sangat rendah, kebanyakan anak-anak di wilayah pesisir tidak bersekolah atau putus sekolah. Hal ini berkaitan dengan bidang ekonomi yang tidak mencukupi kebutuhan mereka. Sehingga secara tidak langsung sangat berpengaruh terhadap sistem ilmu pengetahuan mereka. Sekolah-sekolah yang di bangun tidak berjalan secara maksimal sehingga terhenti. Karena faktor biaya yang sangat minim.
d)     Teknologi
            Teknologi modern di wilayah pesisir hampir tidak tersentu sama sekali oleh masyarakatnya. Hal ini terjadi karena jauhnya jangkaun peradaban dari perkotaan. Sehingga masih melibatkan teknologi yang masih sangat sederhana

Secara langsung kehidupan masyarakat pesisir dapat dilihat pada diagram alir berikut ini :
Masyarakat Pesisir
 
 







Teknologi
 
Sistem Pendidikan
 
Mata Pencaharian
 
Perumahan
 
                      
       ?                     +                        ?                  ?
Keterangan  :        ?  =  Perlu adanya perubahan
+  =  Sebagian Betul namun perlu adanya penambahan kerja sampingan


Strategi Pembedahan Wilayah Pesisir
A
 
 

E
 
D
 
C
 
B
 

 







Menghasilkan Output Sesuai Keinginan Namun Berbasis Adabiltas




            
GLOSARIUM

LingkunganA                  :                  Merupakan suatu tatanan yang terbentuk secara alami dengan kondisi tertentu yang bersifat objektif dan dapat berubah berdasarkan faktor-faktor tertentu. Misalnya : terjadinya gempa bumi, pergeseran kerak bumi dan akibat yang dilakukan campur tangan manusia baik yang bersifat positif maupun negatif
PesisirB                                     :                  merupakan daerah peralihan antara darat  dan lautan yang saling terkait satu sama lain.
Biotic C                                     :                         Komponen Hidup
AbiotikD                          :                   Komponen tak Hidup
substratE                                  :                   Media tempat menempel organisme
degredasiF                               :                 penurunan kualitas baik suatu individu, kelompok maupun lingkungan, terjadi kerusakan pada salah satu parameter yang penting, menjadi tidak baik
minimalisirG                          :                         Pengurangan , menekan menjadi sedikit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar